Frequently Asked Questions

 

1. Q: Apakah yang dimaksud dengan PRESTASI?

A: Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts atau disingkat PRESTASI adalah program yang memberikan kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk menempuh pendidikan Master dalam bidang – bidang tertentu di Amerika Serikat. Program ini dirancang sedemikian rupa untuk membantu calon pemimpin masa depan memperoleh pengetahuan baru dan meningkatkan kapasitas yang akan berguna untuk membangun Indonesia.

 

2.    Q: Apakah tujuan PRESTASI?

A: PRESTASI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan kaum profesional di Indonesia, yang pada akhirnya akan mendorong pembangunan Indonesia. Program ini dibuat berdasarkan atas kesuksesan program sebelumnya yang telah memberikan kesempatan studi jangka pendek bagi 162 peserta dan studi jangka panjang bagi 198 peserta untuk program studi master dan PhD di Amerika Serikat, Indonesia, dan negara ketiga lainnya.

 

3.    Q: Bidang apa saja yang menjadi fokus dalam PRESTASI?

A: bidang utama yang menjadi fokus adalah bidang dimana AS dan Indonesia sama – sama memiliki kepentingan untuk menghapus kemiskinan dan transparansi demokrasi baik di dalam Indonesia sendiri, maupun secara global. Bidang – bidang tersebut adalah:

  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Lingkungan dan Ekonomi, dan;
  • Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan

 

4.     Q: Siapakah yang menjadi target program ini?

A: PRESTASI tidak menargetkan area tertentu sebagai area seleksinya dan program ini terbuka di seluruh Indonesia. Pertimbangan khusus akan diberikan bagi pelamar yang berasal dari daerah terpencil atau kepada partisipan wanita. Program ini juga terbuka bagi kaum profesional Indonesia dengan berbagai latar belakang pekerjaan.

 

5.     Q: Apa saja kriteria untuk mendaftar ke program ini?

A: Para kandidat PRESTASI harus dapat menunjukkan kualitas sebagai berikut:

    • Kemampuan kepemimpinan yang kuat.
    • Memiliki penguasaan lapangan yang baik di bidang yang ditekuni.
    • Berminat untuk melanjutkan studi ke bidang yang berhubungan dengan tujuan USAID Indonesia dan tujuan pembangunan Indonesia.
    • Memenuhi kualifikasi teknik untuk pelatihan – pelatihan di bidang terkait.

Persyaratan umum untuk mendaftar program ini adalah:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Bukan karyawan dari USAID/kontraktor USAID.
  • Masih memiliki masa kerja minimum 10 tahun sebelum masa pensiun setelah menyelesaikan studi.
  • Memiliki nilai TOEFL® ITP 450 atau TOEFL® IBT dan nilai IELTS™ yang setara.

 

6.     Q: Apakah dibutuhkan Letter of Acceptance dari Universitas di Amerika Serikat untuk mendaftar ke program ini?

A: Letter of Acceptance (LoA) tidak diwajibkan untuk mendaftar ke program PRESTASI. Apabila pelamar sudah memiliki LoA dari perguruan tinggi di Amerika Serikat, maka LoA dapat dilampirkan bersama formulir aplikasi. Walaupun demikian, kepemilikan LoA tidak dijadikan bahan pertimbangan dalam proses seleksi PRESTASI.

7.    Q: Bagaimana jalannya proses seleksi PRESTASI?

A: Proses seleksi Beasiswa PRESTASI dapat berbeda setiap tahunnya. Secara umum, berkas aplikasi pendaftaran akan diperiksa kelengkapannya dan kandidat akan diundang untuk mengikuti proses wawancara. Keputusan akhir akan ditetapkan oleh USAID Indonesia dan Komite Seleksi.

 

8.    Q: Apabila saya berhasil mendapatkan beasiswa PRESTASI, kapan saya akan berangkat ke Amerika Serikat? Universitas mana saja di Amerika Serikat yang menjadi rujukan beasiswa PRESTASI?

A: Setelah dinyatakan menerima beasiswa PRESTASI, penerima beasiswa diwajibkan untuk mengikuti serangkaian pelatihan guna mempersiapkan diri sebelum menempuh studi ke Amerika Serikat. Lamanya pelatihan tergantung dari kualifikasi masing – masing penerima beasiswa. Setelah selesai mengikuti pelatihan, tim beasiswa PRESTASI akan membantu penerima beasiswa untuk mendaftar ke universitas yang sesuai dengan bidang studi yang diinginkan. Tidak ada universitas tertentu yang menjadi rujukan. Penerima beasiswa dapat mengajukan kepada tim PRESTASI universitas yang diinginkan sesuai dengan bidang studi.

 

9.    Q: Apa yang akan dilakukan penerima beasiswa setelah lulus dari studi di Amerika Serikat?

A: Setelah menyelesaikan studinya, penerima beasiswa harus segera kembali ke Indonesia dan semaksimal mungkin mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. Selain itu, alumni beasiswa PRESTASI memiliki wadah alumni yang disebut ALPHA – I (Asosiasi Alumni PRESTASI HICD Amerika Serikat – Indonesia). ALPHA – I aktif melakukan kegiatan kemasyarakatan seperti program Climate Change Goes to School, Gender Based Violence, Professional Learning Community, Regional Workshop dan ALPHA-I Discussion Forum. Selain itu, ALPHA – I juga berhasil menjuarai Alumni Engagement Innovation Fund 2012 dari U.S. State Department. Proposal ALPHA – I tentang Financial Literacy berhasil mendapatkan dana untuk menjalankan programnya.

 

10.    Q: Di mana saya bisa mendapatkan formulir aplikasi PRESTASI?

A: Pada saat masa pendaftaran, formulir aplikasi dapat diunduh di website PRESTASI: www.prestasi-iief.org. Silakan bergabung dengan Facebook Fanpage PRESTASI (PRESTASI Graduate Scholarship) atau akun Twitter PRESTASI (@PRESTASI_ID) untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai program ini. Pertanyaan juga dapat dikirimkan melalui email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .