Amerika Serikat memberikan Beasiswa bagi 23 Profesional Muda Indonesia

 

 

USAID Indonesia memberikan beasiswa kepada 23 profesional muda Indonesia, melalui program PRESTASI II. Acara penganugerahan beasiswa ini berlangsung di Jakarta (3/9/14) dan dibuka oleh Plt Direktur Misi USAID Indonesia, Jon Lindborg. Para penerima beasiswa dibagi dalam dua kelompok tujuan studi: 9 orang akan melanjutkan studi di Indonesia dan 14 sisanya akan belajar di Amerika Serikat.

Dalam sambutannya, Jon Lindborg berpesan kepada para penerima beasiswa untuk tidak pernah berhenti belajar. “Anda akan merasakan saat-saat terbaik di dalam hidup. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada saat Anda belajar di universitas. Pendidikan yang diterima akan membuka banyak kesempatan dan menginspirasi untuk melakukan banyak hal”, ungkap Jon Lindborg.

Ke-23 penerima beasiswa terpilih setelah melalui serangkaian seleksi yang dimulai di bulan Maret 2014. Melalui beasiswa USAID PRESTASI, mereka mendapatkan kesempatan untuk memperdalam ilmu mereka di bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Para penerima beasiswa berasal dari berbagai propinsi dan berbagai macam latar belakang pekerjaan, seperti staf di Kementerian Agama, peneliti kehutanan di Kupang, perawat asal Kalimantan Selatan, dan dosen asal Mamuju.

Bagi Silvera Erari, dengan memperoleh pendidikan tinggi, berarti ia dapat melakukan riset yang lebih baik untuk yang berguna untuk Papua. Sementara Jeni Pareira bercita-cita untuk mendirikan organisasi nirlaba yang akan berperan dalam pelestarian lingkungan di Flores.

Acara penganugerahan beasiswa juga menandai dibukanya pelatihan persiapan bagi 14 orang penerima beasiswa yang akan melanjutkan studinya ke Amerika Serikat. Mereka diwajibkan untuk mengikuti pelatihan selama 3 – 6 bulan demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan menyiapkan diri untuk lingkungan akademis yang berbeda di negeri Paman Sam nanti.  Keseluruhan penerima beasiswa akan memulai studinya di tahun 2015.