Informasi Umum tentang ALPHA-I

Sebagai salah satu program beasiswa yang kompetitif,  program beasiswa USAID  PRESTASI (Program to Extend Scholarship and Training to Achieve Sustainable Impacts), dan program HICD (Human Institutional and Capacity Development), telah menghasilkan alumni-alumni yang berbakat, terampil dan tekun  yang bersedia  berbagi pengetahuan mereka kepada masyarakat Indonesia dan berkontribusi untuk pembangunan Indonesia pada umumnya. Para alumni memiliki peran penting untuk membangun institusi asal mereka dan juga membantu meningkatkan pembangunan dan kontribusinya terhadap masa depan Indonesia.

Alumni USAID PRESTASI mulai membentuk  perkumpulan alumni di awal tahun 2011. Dan organisasi resminya didirikan saat Pertemuan Nasional Pertama pada bulan Maret, 2012. Pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 70 alumni dari seluruh Indonesia dan sepakat menggunakan ALPHA-I sebagai nama organisasi. Pada awalnya, ALPHA-I merupakan singkatan dari Asosiasi Alumni PRESTASI-HICD Indonesia Amerika, sebelum berganti menjadi Asosiasi Alumni Program Beasiswa Amerika - Indonesia. Sampai saat ini, ALPHA-I memiliki sekitar 100 anggota aktif yang menyebar di seluruh nusantara, dengan latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam.

Kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh ALPHA-I didasarkan oleh tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui pendidikan dan penelitian, melaksanakan advokasi pengabdian masyarakat, menginisiasi kegiatan inovatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan mengembangkan hubungan dengan organisasi lain berskala lokal, regional dan internasional.

Informasi lengkap mengenai program-program ALPHA-I dapat diakses melalui situs www.alpha-i.or.id.