Pertemuan Nasional ALPHA-I Ke-2

 

 

Penyelenggaraan Pertemuan Nasional Ke-2 ALPHA-I (Munas) berjalan dengan sukses di akhir September lalu. Acara dua-tahunan ini diikuti oleh lebih dari 40 orang anggota ALPHA-I yang tidak hanya alumni dari program HICD-PRESTASI, namun juga program-program beasiswa lain yang didanai oleh USAID Indonesia. Tujuan utama penyelenggaraan Munas adalah untuk memilih kepengurusan baru, sekaligus menentukan arah organisasi hingga tahun 2016.

Munas secara resmi dibuka oleh sambutan dari Akhmad Safik, Ketua Umum ALPHA-I periode 2012 – 2014. Dalam sambutannya, Safik menekankan pentingnya komitmen dari anggota sehingga dapat membentuk organisasi yang lebih kuat. “ALPHA-I adalah misi bersama, bukan hanya misi perseorangan. Hadirnya kesekretariatan dan pengurus bukan berarti bisa membuat anggota menjadi lalai. Secara bersama-sama, kita bisa bekerja lebih baik untuk berkontribusi kepada negara.”

Pembahasan tata tertib sidang menjadi agenda dari sidang pleno pertama. Awalnya, sidang dipimpin oleh Tony Triyulianto sebagai Ketua Steering Committee, sebelum akhirnya diserahkan kepada Johari Efendi, Baryanto dan Hariatni Novitasari yang terpilih sebagai pimpinan sidang Munas 2014.

Secara umum, Munas kali ini tidak selalu berjalan dengan lancar dan seringkali diselingi dengan interupsi. Misalnya, saat presentasi hasil sidang komisi Garis Besar Haluan Kerja (GBHK). Banyak peserta yang berpendapat bahwa GBHK yang dihasilkan dalam sidang komisi tidak memberikan arahan yang cukup jelas bagi kepengurusan selanjutnya. Pada akhirnya disepakati bahwa hal ini akan menjadi agenda bagi kepengurusan baru untuk menerjemahkan GBHK ke dalam program kerja.

Proses pemilihan Ketua Umum ALPHA-I juga berjalan dengan sedikit alot karena sulitnya mencari kandidat yang memiliki komitmen kuat terhadap organisasi hingga tahun 2016. Johari Efendi akhirnya dipilih secara aklamasi oleh para peserta sidang.

“ALPHA-I harus menjadi organisasi yang dapat mengayomi anggotanya, sehingga mereka dapat berkembang. Bila anggota berkembang, maka organisasi juga akan ikut berkembang”, ujar Johari dalam pidato pertamanya sebagai Ketua Umum ALPHA-I. Untuk mendampinginya sampai tahun 2016, Johari memilih Teddy Trilaksono sebagai Sekretaris Jenderal, sedangkan para peserta Munas memilih Akhmad Safik sebagai Ketua Dewan Pembina.