5 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa untuk Meningkatkan Kapasitas Diri

Sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas diri demi masa depan yang lebih cerah. Untuk memenuhi hal tersebut, sekadar hadir di kelas saat jam kuliah tidaklah cukup. Apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memaksimalkan masa kuliahnya guna meningkatkan kapasitas diri.

Menjadi mahasiswa proaktif1

Agar materi kuliah bisa tercerna dengan baik, hanya menjadi pendengar di dalam kelas tidaklah cukup. Kuncinya adalah harus proaktif saat kelas perkuliahan berlangsung. Mahasiswa juga harus bisa secara aktif belajar dan menyerap pengetahuan di luar kelas. Seperti mengikuti kursus atau komunitas belajar digital.

Membangun jaringan yang luas2

Meningkatkan kemampuan komunikasi dan diplomasi adalah poin yang bagus. Jaringan dan relasi yang luas akan membuat mahasiswa memiliki beragam ilmu dan pengalaman baru. Caranya bisa dengan mengikuti diskusi antarmahasiswa, berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang digalang oleh kampus, organisasi mahasiswa, dan lainnya. Hal ini sangat bagus untuk memperkaya daftar riwayat hidup dan lembar referensi.

Aktif mencari kesempatan untuk meningkatkan kapasitas diri

Banyak cara lain untuk meningkatkan kapasitas diri. Salah satunya dengan mencari peluang untuk mendapatkan beasiswa. Contohnya program pertukaran pelajar program keahlian di luar negeri. Tentu dengan pengalaman yang didapatkan akan dapat membuka kesempatan pekerjaan yang lebih besar lagi.

Aktif mengikuti perlombaan

Menjadi juara itu tidak selalu jadi yang utama. Namun dengan mengikuti perlombaan—baik itu akademis maupun non-akademis—akan menjadi ajang aktualisasi dan pengembangan diri. Pendalaman ilmu dan kemampuan diri secara perlahan akan terasah dan berangsur tajam ketika mahasiswa melakukan kegiatan ini.

Berpartisipasi dalam gerakan sosial

Mengembangkan diri dengan melakukan kegiatan yang memiliki dampak sosial itu sebuah kewajiban. Hal ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan etika saat bekerja dalam tim. Kebanyakan kampus telah memfasilitasi gerakan-gerakan sosial ini melalui kegiatan ekstrakurikuler.


  1. https://www.timeshighereducation.com/student/advice/student-blog-five-tips-make-most-your-university-experience#survey-answer
  2. Ibid