5 Cara Menggali Ide untuk Karya Ilmiah

Menemukan ide untuk dituangkan dalam sebuah karya ilmiah merupakan suatu tantangan tersendiri. Ide fresh dan orisinil dapat muncul disela2 aktifitas tanpa kita rencanakan sebelumnya. Ternyata ada beberapa cara untuk menggali ide karya ilmiah. Berikut ini cara untuk menggali ide tersebut.1

Lebih banyak membaca

Seperti pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Buku merupakan jendela untuk menemukan ide-ide yang dapat dituangkan dalam karya ilmiah. Carilah buku-buku yang relevan dengan bidang yang sedang ditekuni. Bisa dengan mencari dan membaca buku referensi di perpustakaan atau membelinya di toko buku.

Memanfaatkan internet

Selain melalui media cetak, di zaman digital seperti sekarang ini, banyak informasi yang bisa digali melalui internet. Banyak jurnal-jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan mudah melalui internet dan bisa dijadikan bahan referensi dan inspirasi dalam mencari ide-ide yang lebih fresh.

Melakukan diskusi dengan teman

Berdiskusi dengan teman satu angkatan maupun kakak tingkat yang belajar dalam bidang yang sama bisa memicu munculnya ide untuk karya ilmiah. Bisa dimulai dengan mendiskusikan penelitian ilmiah yang sudah dilakukan sebelumnya, hingga menghasilkan ide baru untuk menyempurnakan penelitian yang sebelumnya.

Konsultasi dengan dosen

Dosen biasanya up to date dengan perkembangan karya ilmiah baik itu di lingkup nasional maupun internasional. Melakukan konsultasi ide karya ilmiah dengan dosen adalah cara yang tepat, sekaligus meminta bimbingan dalam pelaksanaan penulisan karya ilmiah tersebut.

Melihat lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar sangat berpotensi sebagai tema karya ilmiah. Banyak peristiwa unik terjadi dan dapat dijadikan bahan penelitian. Kita harus peka dan mau melihat segala peristiwa dari sudut pandang yang berbeda agar muncul ide brilian yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.


1 http://www.biosend.id/2015/06/10-tips-dan-cara-menemukan-ide-untuk.html