Cyber University: Pendidikan Canggih di Era Digital


Foto: pixabay.com

Dunia telah memasuki era digital sejak awal 70-an, di mana komputer masih memiliki bentuk yang besar. Sejak saat itu, teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan dan membuat tugas manusia jadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan segala pekerjaan telah bertransformasi ke bentuk digital. Luasnya jaringan internet juga memberikan kemudahan untuk bekerja dari rumah atau dengan kata lain kerja jarak jauh.

Banyak pekerjaan di bidang keahlian digital juga bermunculan selama 15 tahun terakhir. Fakta tersebut mendorong sistem pendidikan Indonesia, khususnya di tingkat perguruan tinggi, untuk berevolusi dari pendekatan tradisional ke digital. Evolusi dimulai dari sistem manajemen universitas, database mahasiswa, pelaporan keuangan universitas, proses akademik, e-scoring, perpustakaan digital, laporan tugas mahasiswa, dan lainnya.

Apa itu Cyber University?

Cyber University menyediakan layanan belajar formal melalui media online yang bisa diakses semua orang, terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya1. Cyber University adalah salah satu kecanggihan fasilitas bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyadari perlunya mengubah universitas di Indonesia jadi sekelas internasional. Untuk mendorong daya saing generasi muda Indonesia, universitas-universitas di Indonesia perlu melakukan inovasi sistem secara menyeluruh.

Sistem belajar online namun tetap berkualitas

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menyebutkan keberadaan Cyber University akan sangat mendukung pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dunia. Kementerian akan mengawasi manajemen Cyber University, termasuk metode dan modul kuliah online. Hal ini bertujuan untuk memastikan sistem manajemen dan pendidikan di cyber university telah memenuhi kualitas terbaik2.

Kemudahan dalam akses belajar-mengajar

Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses tugas, perpustakaan serta perkuliahan online tanpa perlu bertatap muka. Selain itu, mahasiswa yang bekerja atau berada di tempat yang jauh bisa memiliki akses pendidikan yang lebih mudah. Bahkan mereka juga dapat mengikuti kuliah dari rumah atau tempat lain, selama mereka memiliki akses ke internet3.